Artivical Intelegent

  1. 1.       Pengertian

 

Artifical Intelegence ( kecerdasan buatan ) merupakan kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem dalam AI ini biasanya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika. Meskipun  AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI juga membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, yakni berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas.

Tujuan AI adalah untuk memecahkan persoalan dunia nyata (bersifat praktis) dan memahami intelijensia (bersifat memahami). AI merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang mempelajari tentang bagaimana cara membuat agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia.  Komputer juga harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia. Untuk itu pada artificial intelligence, akan mencoba untuk memberikan beberapa metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin yang pintar. Untuk menciptakan aplikasi kecerdasan buatan ada 2 bagian utama yang sangat dibutuhkan, yaitu:

1.      Basis Pengetahuan (Knowledge Base)

Basis pengetahuan berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan yang lainnya.

2.      Motor Inferensi (Inference Engine)

Motor Inferensi merupakan kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman. Atau dapat juga disebut dengan penalaran.

(Sumber: Artificial Intelligence , Suyanto.ST.Msc, 2011)

 

  1. 2.       Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan

Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  1. a.    Sistem Pakar (Expert System)

Yakni komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.

  1. b.    Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

 User dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.

  1. c.    Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)

 Manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.

  1. Robotika &Sistem Sensor.
  2. e.    Computer Vision,

Menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.

  1. f.     Intelligent Computer-Aided Instruction,

Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.

  1. g.    Game Playing.
  2. h.    Soft Computing

Soft computing merupakan sebuah inovasi dalam membangun sistem cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan. Soft computing mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian, dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dan dikendalikan dengan mudah agar sesuai dengan realita (Prof. Lotfi A Zadeh, 1992). Metodologi-metodologi yang digunakandalam Soft computing adalah :

  • Logika Fuzzy/Fuzzy Logic (mengakomodasiketidaktepatan).
  • JaringanSyarafTiruan/Neurall Network (menggunakanpembelajaran).
  • Probabilistic Reasoning (mengakomodasiketidakpastian).
  • AlgoritmaGenetika/Evolutionary Computing (optimasi).

           

  1. 3.       Aplikasi AI

Aplikasi simulasi penerbangan->aplikasi ini digunakan untuk memperkenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai perangkat penerbangan kepada para pilot, khususnya yang baru akan belajar menerbangkan pesawat, tujuannya untuk meminimalisir resiko kecelakaan oleh pilot yang dikarenakan kurang pengalaman atau jam terbangnya.

 Aplikasi pencarian data dengan algoritma genetika->aplikasi ini dibuat untuk memudahkan kita dalam mendapatkan data atau informasi mengenai sesuatu. Aplikasi ini akan menampilkan data yang relevan dengan data yang kita cari.

Robot asimo-> penerapan teknologi robotik dan speech recognition pada robot asimo,sehingga robot ini dapat mengerti apa yang disampaikan manusia dan dapat meresponnya

 

 

Leave a comment