DATA DAN INFORMASI Kata data berasal dari bahasa Yunani,

DATA DAN INFORMASI

 

Kata data berasal dari bahasa Yunani, yakni “datum” yang berarti fakta, dan di dalam kamus bahasa Inggris dituliskan dengan data. Ada dua jenis data yang dapat diterima oleh manusia, yaitu data tersurat dan jenis data yang tersirat. Jenis data yang tersurat adalah berbagai stimulus yang secara nyata dapat ditangkap indera manusia, sedangkan jenis data yang tersirat hanya dapat “dibaca“ oleh naluriah manusia, yang berkaitan erat dengan pengalaman batiniah seseorang.

Salah satu contoh data berjenis tersurat adalah data komputer. Maksudnya, komputer akan mengerti data yang diberikan kepadanya bila data tersebut dapat di kodekan atau di lambangkan sesuai dengan kaidah yang sudah dimengerti oleh komputer. Karena adanya kaidah-kaidah tentang penulisan data di komputer, maka kata “data” di komputer harus dispesifikkan karena masih bersifat luas. Data di komputer memiliki ukuran yang lebih spesifik. Satuan data terkecil di komputer adalah bit, yaitu sinyal-sinyal elektronik yang dilambangkan dengan 0 dan 1. Nilai nol diberikan bila rangkaian listrik yang menerima data tidak dialiri sinyal listrik, sedangkan nilai satu diberikan bila rangkaian listrik penerima data dialiri sinyal listrik.

Kumpulan bit akan menghasilkan sebuah kode untuk huruf atau angka atau karakter lain yang disebut dengan byte. Kumpulan byte, misalkan karakter ‘A’, ‘L’, dan ‘I’ yang digabung dan memiliki satu pengertian yaitu sebuah nama ‘ALI’, gabungan itu akan membentuk sebuah field. Untuk menampung data tersebut, diberikan sebuah variabel atau field name, sedangkan isi datanya disebut dengan nilai data (data value).

 

 

BASIS DATA ( DATA BASE )

 

            Basis data adalah kumpulan file yang saling berelasi dan diorganisasi pada suatu media penyimpanan. Seperti dikatakan semula, bit adalah data, field adalah data, sedangkan kata “data” di dalam komputer harus disebutkan secara spesifik, maka basis data adalah kumpulan file. File terdiri atas berbagai klasifikasi, ada master file, transaction file, report file, work file, program file, dump file, library file, history file, dan keseluruhan file tersebut diorganisasikan oleh yang disebut DBMS (data base management system).

 

MEMASUKKAN DATA KE KOMPUTER

 

Data dimasukkan ke dalam komputer melalui piranti input, seperti panel kunci ketik (keyboard), tetikus (mouse), layar sentuh (touch screen), dan sebagainya, termasuk dari file yang digunakan sebagai input (input file).

 

INFORMASI

 

Informasi bersifat individual. informasi merupakan nilai yang telah memiliki makna bagi seseorang. Informasi sendiri dapat diterima melalui komunikasi secara langsung ( tatap muka ) dan juga tidak secara langsung ( tidak tatap muka ).

 

MEDIA PENYIMPANAN DATA

Secara umum, media penyimpanan sekunder dibagi atas 2 jenis, yaitu (1) Serial (sequential) access storage device (SASD), dan (2) Direct access storage device (DASD). SASD memiliki prinsip kerja seperti sebuah kaset lagu, yaitu jika kita akan merekam atau mendengarkan lagu, maka lagu kedua akan didahului lagu pertama, dan seterusnya. DASD memiliki prinsip kerja seperti sebuah CD lagu, kita tidak perlu menyetel lagu pertama jika ingin mendengarkan lagu ke dua.

 

 

 

Adapun hal-hal yang harus dilakukan terhadap sebuah file (berkas) adalah :

 (1) creation (menyiapkan struktur filenya),

 (2) update, seperti inserting/ adding (penambahan data), modification (perubahan data),         deletion (menghapus data),

 (3) retrieval (peraihan kembali data) baik untuk proses (inquiry) maupun pembuatan laporan data (report generation),

(4) maintenance (perawatan) seperti restructuring (perubahan struktur file), dan reorganization (perubahan organisasi data).

 

Di komputer, data juga mengalami perpindahan (transportasi). Bagaimana data dimasukkan melalui keyboard, ditampilkan ke monitor, selanjutnya melalui main memory, melalui rangkaian-rangkaian elektronik lainnya hingga disimpan di media penyimpanan. Begitu juga ketika data di-retrieve dari media penyimpanan, diproses di main memory, ditampilkan ke monitor atau dicetak ke printer atau dikirim melalui jaringan ke komputer lain, dan sebagainya. (Q)

Leave a comment